5 Ideas Menjadi Pemimpin Yang Efektif

Efisiensi kerja memerlukan prosedur yang tepat.Prosedur dengan sidang paripurna seringkali dirasakan kaku dalam iklim yang demokratis.Karena itu pemimpin harus mem­bantu kelompok dalam menganalisa situasi untuk kemudian me­netapkan prosedur mana yang paling praktis dan efektif. Menjadi pemimpin tim yang baik berarti mengetahui cara memotivasi baik kelompok maupun individu dalam kelompok. Menggunakan teknik seperti latihan membangun tim di luar dapat meningkatkan keterpaduan kelompok dan keterampilan pemecahan masalah kelompok.

Terkadang, kamu perlu membagikan apa yang kamu ketahui—termasuk pengetahuanmu—pada orang di sekitarmu. Dalam asmara, kamu harus memberikan ruang pada pasanganmu supaya mereka juga bisa menikmati me time, serta cobalah untuk lebih menghargai apa yang si dia lakukan padamu. Virgo biasa mencari pasangan yang penuh pengetahuan dan pintar seperti dirinya, karena mereka butuh teman hidup yang bisa diajak berdebat dalam sebuah percakapan cerdas. Sa’i Yusuf dan Gugun Gumilar menekankan bahwa generasi muda yang kelak menjadi pemimpin di masa yang akan datang dihadapkan dengan tantangan world.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Anda bukan seorang pemimpin hanya karena Anda memiliki orang-orang yang setiap hari melapor kepada Anda. Dan menjadi pemimpin tidak bisa didapat melalui kursus atau membayar sebuah kelas dengan bayaran tertentu. Apabila hal-hal tersebut secara esensi/hakikat telah dimiliki oleh seorang pemimpin, maka pemimpin tersebut senantiasa akan bersikap arif dan berlakun bijaksana. Orang yang cerdas secara emosi, dapat mengelola keterampilan ini dengan baik dan cenderung sangat produktif serta efektif .

Dalam kasus seperti ini pemimpin perlu membuka komunikasi dua arah dan secara aktif mendegarkan mendukung usaha-usaha yang dilakukan para bawahan/pengikutnya. Pengertian kemampuan adalah kombinasi antara potensi sejak pemimpin dilahirkan ke dunia sebagai manusia dan faktor pendidikan yang ia dapatkan. Jika seseorang lahir dengan kemampuan dasar kepemimpinan, ia akan lebih hebat jika mendapatkan perlakuan edukatif dari lingkungan, jika tidak, ia hanya akan menjadi pemimpin yang biasa dan standar. Sebaliknya jika manusia lahir tidak dengan potensi kepemimpinan namun mendapatkan perlakuan edukatif dari lingkunganya akan menjadi pemimpin dengan kemampuan yang standar pula. Dengan demikian antara potensi bawaan dan perlakuan edukatif lingkungan adalah dua hal tidak terpisahkan yang sangat menentukan hebatnya seorang pemimpin.

Kita harus selalu melihat diri, apakah ada sesuatu yang harus diubah, atau sudahkah kita mengerjakan bagian kita dengan benar dan terbaik. Setiap orang yang mau berjuang dengan cara yang benar untuk menghadapi situasi sulit, sudah punya modal penting untuk menjadi wonderful leader,” ungkap Raissa. Pemimpin beretika tidak berada di belakang, berbicara untuk memerintah pengikutnya. Mereka selalu di depan memberikan contoh perilaku yang etis dan berbasis nilai.

Apabila teori tersebut dihubungkan dengan kegiatan kepemimpinan, maka akan dapat mendorong masyarakat untuk bersatu dan aktif partisipatif dalam proses pembangunan di semua sektor kehidupan. Satu perbuatan nyata yang mencerminkan integritas akan meninggalkan kesan, namun perilaku seorang pemimpin haruslah konsisten jika ia ingin berhasil membentuk suatu organisasi. Pada kenyataannya, integritas bersifat imperatif karena secuil pelanggaran saja terhadap integritas akan dapat meninggalkan cacat permanen. Para pemimpin haruslah konsisten dalam menjalankan standar kedisiplinan. Seorang pemimpin yang mendiskriminasi, dengan menggunakan tingkat jabatan atau hubungan pertemanan untuk menentukan responnya terhadap pelanggaran kedisiplinan, memiliki masalah integritas yang serius. Tak ada yang dapat menghancurkan ethical seefektif menghukum seorang staf junior seberat-beratnya karena melakukan pelanggaran serius, namun membiarkan seorang staf senior yang melakukan kesalahan serupa, lalu pensiun tanpa menanggung hukuman.

Coba biasakan untuk menonjolkan sikap jiwa pemimpin yang ada di dirimu dan rasakan apa perbedaannya. Seorang pemimpin nggak hanya memerintah saja, tapi kamu mampu mendengarkan kendala dan keluh kesah mereka. Setelahnya, kamu akan memberikan saran yang kamu bisa untuk kembali meningkatkan kinerjamu.

Ada kalanya hal semacam ini gak mudah untuk dilakkian, tapi jika Anda belajar untuk menghargai dan menghormati orang lain dalam tim Anda, maka mereka tak akan ragu untuk mengikuti Anda. Coba perhatikan berbagai perusahaan dunia yang pasti memiliki pemimpin yang bersemangat, berpengalaman, termotivasi, dan fokus dengan tujuan. Dalam menggerakkan bawahan untuk yang telah ditetapkan, perintah mencapai tujuan digunakan sebagai alat utama. Bertambah tinggi kedudukan seorang pemimpin dalam organisasi maka semakin menonjol keterampilan manajemen dan aktivitas yang dijalankan adalah aktivitas bersifat konsepsional. Seorang pemimpin mempunyai baik ketrampilan manajemen maupun keterampilan tekhnis . Semakin rendah kedudukan seorang tekhnis pemimpin dalam organisasi maka keterampilan lebih menonjol dibandingkan dengan keterampilan manajemen.

Bawahan maupun pelaksana pada setiap organisasi itu memang sangat bervariasi karekteristik maupun kemampuannya, sangat memungkinkan adanya bawahan yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk bekerja yang sangat tinggi. Definisi dari organisasi itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “organon” yang memiliki arti sebuah alat atau instrument, artinya organisasi itu merupakan wadah atau suatu alat untuk membantu manusia atau individu dalam mencapai tujuannya. Ketika satu organisasi dibentuk apa sebenarnya yang menjadi tujuan utamanya harus sudah jelas, tujuan akhir dari didirikannya organisasi tersebut bukan hanya organisasinya saja, melainkan wadah atau tempat untuk mencapai tujuan bersama maupun individu. Untuk menjadi pemimpin yang efektif, Anda harus memiliki karakter pemimpin yang cukup percaya diri untuk memastikan bahwa orang lain atau karyawan Anda mengikuti perintah Anda. Jika Anda tidak yakin tentang keputusan dan kualitas Anda sendiri, maka bawahan Anda tidak akan pernah mengikuti Anda.