Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi Dalam Kehidupan

Pada umumnya, pengertian mengenai tanggung jawab adalah kesadaran seseorang terhadap perbuatan maupun perilaku yang secara sengaja itu meskipun tidak sengaja memperlakukannya. Tanggung jawab bisa kamu lakukan pada kondisi dimana seseorang dalam keadaan sadar. Burung pelikan memiliki ciri-ciri, yaitu bentuk paruhnya panjang dan berkantong besar pada bagian bawah yang berguna untuk menyimpan ikan. Selain untuk menyimpan ikan, kantong yang dimiliki burung pelikan juga dapat digunakan untuk menggendong anaknya.

Melatih sikap toleran kita

Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan pemahaman tentang perbedaan dan membangun sikap toleransi anak. Klikdokter.com, Jakarta Hidup di tengah masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, budaya, dan agama, seperti di Indonesia, tidaklah mudah. Ini karena setiap individu dituntut untuk memiliki sikap toleransi, agar keamanan dan ketenteraman terus terjaga. Keberagaman dapat dirasakan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Hal ini merupakan pertanda bahwa agama merupakan salah satu kebebasan manusia untuk meyakini apa yang diyakininya. Ini mencerminkan bagaimana untuk menghormati hak berkeyakinan sesama manusia. Tidak memaksakan kehendak, pun tidak memkasakan seseorang untuk memeluk suatu agama tertentu dan tidak mendeskreditkan agama lainnya. Faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum yang pertama adalah pengetahuan tentang kesadaran hukum. Maka dengan sendirinya peraturan itu akan tersebar dan cepat diketahui oleh masyarakat.

Moderasi memiliki arti yang berlawanan dengan keekstreman atau berlebihan dalam menyikapi perbedaan dan keragaman. Bersikap moderat berarti mencoba untuk berada di tengah-tengah dalam menyikapi perbedaan dan keberagaman dengan sikap toleransi dan saling menghargai tetapi tetap pada keyakinannya masing-masing . Maka dari itu, kita dapat melihat betapa besar dan pentingnya pengaruh moderasi dalam beragama dan kebhinekaan.

Nah, keberagaman ini dapat kita lihat di sekitar, termasuk di sekolah. Para ahli mungkin bisa berkomentar untuk juniornya yang masih awam dan tidak memiliki toleransi yang tinggi untuk mereka namun seorang pemain piano jelas tidak akan mengomentari dan memiliki toleransi yang rendah terhadap seorang chef. Harus anda pikir kembali bahwa toleransi tidak berarti memaksa anda untuk paham bahkan mengikutinya. Sehingga anda akan tetap nyaman dan juga merasa senang dengan toleransi tersebut. Dengan adanya toleransi maka apa yang mereka percaya akan terganggu dan juga apapun prinsip mereka akan terhapus dan memaksa untuk mengikuti tingkat toleransi tertinggi.

Kemampaun melewati ujian kesabaran itu akan membuat seseorang memiliki sikap yang tangguh dalam menghadapi segala ujian dan cobaan. Kesabaran akan menghilangkan perilaku menggerutu, menyalahkan orang lain dan menyalahkan diri sendiri. Sikap sabar juga akan melahirkan keikhlasan, satu sikap yang penting untuk dimiliki agar mendapatkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan. Mengantri mengajarkan kepada kita untuk memiliki sikap disiplin baik dalam penggunaan waktu maupun dalam melewati suatu proses dalam mencapai suatu tujuan.

Jenis toleransi yang pertama dan begitu kuat dipertahankan hingga saat ini ialah toleransi beragama. Saat anak-anak tumbuh semakin besar, bahkan saat ia berada di jenjang sekolah dasar, anak akan lebih banyak mendapati lebih banyak perbedaan, mulai dari perbedaan suku dan bangsa, sosial ekonomi, hingga agama. Kasih sayang, dudkungan emosional, dan perhatian disampaikan melalui sentuhan. Sentuhan merupakan bagian yang penting dalam hubungan perawat-klien, namun harus mnemperhatikan norma sosial.

Pada kehidupan kita saat ini, kita masih sering menjumpai seseorang yang sudah tidak muda lagi, tetapi perilakunya dalam berkehidupan sosial menurut pandangan kita kurang baik. Mungkin perkataan itu pernah terlintas di pikiran kita atau bahkan pernah terucap meski lirih. Terkadang pun, kita masih menjumpai orang yang rajin sholat tetapi kurang kepekaan sosialnya, dan sebaliknya, ada orang peka sekali terhadap kehidupan sosial di sekitarnya, tetapi tidak pernah melaksanakan sholat. Telah menyarankan kita untuk menyeimbangkan hubungan baik dengan Allah swt.

Toleransi adalah wujud nyata dari sikap saling menghargai satu sama lain. Bertoleransi antar sesama mempengaruhi kita dalam melatih diri untuk belajar saling menghargai. Menghargai bahwa setiap manusia memiliki agama, suku, budaya, etnis yang berbeda. Khusus untuk memupuk sikap toleransi, pihaknya berusaha untuk memberikan pengertian bahwa tidak ada yang salah pada perbedaan kepada siswa.