Ekspor Ikan Dari Jabar Terus Berlanjut

Ikan laut yang dikenal dengan sebutan ikan kuwe ini, memiliki serapan pasar yang cukup tinggi lantaran kelezatan rasanya. Max Lomban mengakui, kebijakan moratorium menguntungkan nelayan kecil di kotanya dengan daya tangkap ikan terbatas bukan untuk industri. “Ekspor ikan hidup hingga kini masih mengandalkan kapal asing karena belum ada investasi dari pengusaha kapal angkut di dalam negeri,” ujar Effendy. “Layanan 24 jam-non cease serta program jemput bola akan terus dilakukan untuk mempercepat proses sertifikasi sehingga ekspor komoditi perikanan Sulawesi Utara dapat berjalan dengan lancar,” sambung Rina. Ikan tuna masuk jajaran teratas komoditi ekspor terbesar Indonesia di bidang perikanan.

Pencatatan tersebut juga menjadi penyokong dalam menambah devisa negaran dan pendapatan asli daerah Kabupaten Nunukan dalam komoditas produk perikanan. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan komoditas ikan hias menjadi salah satu andalan Indonesia dalam menopang perekonomian masyarakat. Data mencatat dalam beberapa tahun terakhir produksi ikan hias nasional terus mengalami peningkatan dari 1,19 miliar ekor pada tahun 2017 menjadi 1,22 miliar ekor di tahun 2018.

Bea Cukai Sibolga menjadi salah satu kantor pelayanan Bea Cukai yang berupaya mendorong ekspor ikan dari wilayahnya. Pada tanggal 10 Maret 2021 lalu, upaya-upaya yang dilancarkan berbuah manis, ketika PT Sumatera Budidaya Marine , perusahaan yang bergerak di bidang budidaya ikan kerapu hidup, telah merealisasikan ekspornya kembali setelah vakum sejak tahun 2018 silam. Tahun 2021, ekspor ikan masih sangat prospektif dimana Indonesia mulai menemukan ceruk tersendiri yang bisa diisi oleh berbagai produk perikanan Indonesia terutamma di pasar AS, Eropa, Jepang, Malaysia, Thailand, Hongkong, dan negara lain. Sehingga dalam hal ini, Trenggono mendukung penuh majunya industri ikan hias dalam negeri bahkan meminta timnya di KKP untuk mempermudah pelaku usaha dalam hal pengembangan maupun melakukan ekspor.

Seandainya ini kita dorong terus, kita bisa menjadi pemain utama dunia,” ujar Rifky. Maritim – Tangerang, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menyatakan, saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-3 di dunia untuk ekspor ikan hias air laut dan peringkat ke-5 dunia untuk ekspor ikan hias air tawar. Kendati, nilai ekspor ikan hias menurun menjadi US$ thirteen,8 juta atau setara Rp 194,6 miliar hingga awal Agustus 2020. Nilai tersebut didapat dari ekspor 540,eight ton ikan hias ke pasar internasional. Artati menegaskan, peningkatan nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan ini menjadi momentum untuk pencapaian goal ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar USD6,05 miliar.

Mengutip dari rilis resmi Kementerian Perdagangan, ekspor beras tersebut merupakan hasil kerja sama antara badan usaha milik negara PT Sang Hyang Seri dan perusahaan Al Batlah di Arab Saudi. Sementara itu, Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Imam Apriyanto Putro, pekan lalu, meminta BUMN bidang perikanan untuk meningkatkan peran menjadi pembeli atas hasil produksi perikanan. Pihaknya menunggu realisasi janji BUMN perikanan, Perum Perikanan Indonesia, untuk masuk ke pengangkutan ikan hidup ekspor. Sementara itu, nelayan di Kabupaten Cilacap masih banyak yang belum memiliki Kartu Tanda Anggota .

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Kelautan dan Perikanan membantah kabar yang menyebut bahwa seluruh produk ekspor perikanan dari Indonesia telah ditolak otoritas China. Hal ini merespons soal laporan bahwa salah satu kontainer produk perikanan Indonesia yang akan masuk ke Negeri Tirai Bambu terkontaminasi Covid-19. Sementara itu, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, KKP, Machmud menambahkan, nilai transaksi ikan hias world secara umum mencapai USD6,eight miliar di tahun 2019. Angka ini termasuk sarana pendukung seperti tanaman hias, pakan, akuarium, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, menurut Artati, KKP, telah menyiapkan highway map guna mempercepat pengembangan industri ikan hias secara nasional, mulai dari hulu hingga ke hilir. PT Dempo Andalas Samudera adalah satu-satunya perusahaan yang melaksanakan aktivitas ekspor tuna tersebut ke pasar-pasar di Amerika.

Ekspor Ikan

Secara terpisah, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengakui masih ditemukan kendala dalam menggerakkan bidang usaha perikanan. Porsi peran Perum Perikanan Indonesia dan PT Perikanan Nusantara sejauh ini masih rendah terhadap seluruh aktivitas perikanan di Indonesia. Sementara itu, kekuatan negara juga masih minim dalam menyerap hasil tangkapan nelayan.

Mansir juga menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh KKP maupun Dinas Perikanan setempat kepada para kelompok pembudidaya di Teluk Ambon dengan menyalurkan bantuan berupa sarana dan prasarana budidaya, benih maupun pakan ikan. Hariyano juga menjelaskan salah satu tantangan yang dihadapi dalam pembesaran ikan bubara ialah harus ekstra hati-hati saat bersentuhan langsung dengan ikan tersebut. Jika tidak dilakukan dengan ekstra hati-hati, dapat melukai ikan yang bisa mengakibatkan kematian. Untuk mengatasi hal tersebut, Hariyano menganjurkan kepada pembudidaya untuk dapat menggunakan jaring khusus yang terbuat dari kain untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan.