Four Langkah Menanamkan Akhlak Ke Anak Menurut Didikan Islam

Namun Tindakan afirmatif ini ternyata tidak tercerminkan dalam proses pelaksanaan seleksi,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Kamis, 16 September 2021. Kali ini Starbucks bermitra dengan organisasi nonprofit Prestasi Junior Indonesia. Program ini bertujuan untuk membekali dan mempersiapkan generasi muda penerus bangsa dengan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan lewat metode interaktif pembelajaran jarak jauh. Orang tua perlu memberikan contoh dan teladan, baik dalam menjalankan nilai-nilai agama maupun norma yang berlaku di masyarakat. Masa remaja merupakan masa yang kritis dalam siklus perkembangan seseorang. Di masa ini banyak terjadi perubahan dalam diri seseorang sebagai persiapan memasuki masa dewasa.

Keputusan untuk melakukan sesuatu umumnya berasal dari dalam diri seseorang. Seorang anak yang mandiri biasanya tidak terlalu bergantung pada orang lain. Secara tidak langsung, cara ini akan membantu anak agar tidak “kaget” ketika dihadapkan dengan hal-hal baru yang mungkin belum pernah mereka temui sebelumnya.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Pembinaan kompetensi sumber daya manusia, lebih-lebih guru sebagai tenaga pendidik merupakan suatu tuntutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam konteks otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan. Pendidikan peradapan yang unggul merupakan suatu cita cita yang ingin digapai namun di tengah upaya pencapaian ini pendidikan kita diwarnai dengan meningkatnya kekerasan sesama anak dan mahaiswa. Hal ini menunjukkan belum tumbuhnya rasa solidaritas, kasih sayang dan kebersamaan.

Dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa harus terbangun kesepahaman antara orang tua dengan lembaga pendidikan yang mana telah dipercayakan untuk mendididk anak-anak hingga menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah,berilmu dan beramal baik. Orang tua boleh memberikan kritik dan masukan yang bersifat membangun namun tidak melebihi batas area dalam integritas lembaga pendidikan yang tentunya tidak begitu saja muncul dan telah diakui kredibilitas nya. Karena kita semua sepakat apapun bentuk nya kekerasan di dunia pendidikan tidak dibenarkan. Ini adalah mata rantai yang harus di hapus,dan bagi pelakunya harus di berikan bimbingan bahkan hingga ke sanksi hukum. Menjadi guru yang ikhlas ialah guru yang benar-benar mengabdikan dirinya berdasarkan panggilan jiwa, panggilan hati nurani, bukan karena tuntutan materi semata, yang membatasi tugas dan tanggung jawabnya sebatas dinding sekolah. Di period sekarang, sangat mahal sekali arti sebuah keikhlasan, ketulusan dan pengabdian.

Dengan berakhirnya masa remaja dan memasuki usia dewasa, terbentuklah suatu konsep moralitas yang mantap dalam diri remaja. Jika pembentukan ini terganggu maka remaja dapat menunjukkan berbagai pola perilaku antisosial dan perilaku menentang yang tentunya mengganggu interaksi remaja tersebut dengan lingkungannya, serta dapat memicu berbagai konflik. Apprenticeship, yaitu kemauan untuk belajar dari orang lain untuk meningkatkan kemampuan/keterampilan dalam belajar dan berkarya. Faktor protektif merupakan faktor yang memberikan penjelasan bahwa tidak semua remaja yang mempunyai faktor risiko akan mengalami masalah perilaku atau emosi, atau mengalami gangguan jiwa tertentu.