Ingin Dapat Penghasilan Sambil Kuliah? Sixteen Bisnis Ini Cocok Untuk Mahasiswa

Walaupun begitu, uang yang didapat dari jasa penitipan hewan pun relatif lebih banyak ketimbang babysitting. Usaha sampingan ini relatif mudah, terutama untuk mengasuh anak di atas tiga tahun, yang relatif sudah tak bergantung pada orangtuanya. Kita dapat memulai memberi layanan pada tetangga sekitar atau orang-orang yang kita kenal. Sistem pembayaran dapat dilakukan secara per jam atau harian. Ingin tahu lebih lanjut mengenai usaha sampingan yang menguntungkan tahun ini?

Anda juga perlu membangun networking dengan sesama influencer atau pun brand ternama dengan bergabung pada sebuah komunitas dan menghadiri berbagai occasion besar. Langkah ini terbilang cukup manjur untuk Anda yang masih belum memiliki jumlah followers tinggi. Bangunlah identitas dengan persona Anda untuk bisa menjangkau goal followers.

usaha yang bisa dilakukan sembari menjalani pendidikan

Belum lagi kenikmatan lain yang bisa diperoleh dari bisnis pribadi. Bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif. Namun, menjalankan bisnis semasa kuliah tidak boleh sembarangan. Jangan sampai bisnis yang dijalankan malah mengganggu aspek pendidikan.

Tetapi tidak perlu khawatir bagi yang belum pernah, karena seluk beluk haji dan umroh bisa Anda pelajari sendiri. Modal yang dikeluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan kampus maupun perkantoran.

Tidak mudah memang menjadi seorang pegawai yang sekaligus merangkap menjalankan usaha sambil bekerja sehari hari. Jika seseorang baru saja terjun dan melibatkan diri dalam dunia bisnis maka harus bisa mengatur waktu dengan baik. Jika hal itu tidak dilakukan maka semua pekerjaan sampingan akan dapat mengganggu pekerjaan kantor yang akan mengancam kredibilitas di kantor atau perusahaan. Jika kamu adalah seorang mahasiswa di bidang studi bahasa, profesi penerjemah adalah pekerjaan yang sangat menarik.

Bisnis jualan makanan ringan juga merupakan bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Hal itu dikarenakan mahasiswa tidak mau ribet mencari makanan sehingga makanan ringanlah yang dicari dan dikumpulkan di kos sebagai camilan. Selain itu, kebutuhan seperti makanan ringan dan air sangat diperlukan untuk mengganjal perut yang kelaparan saat sedang kuliah.