Manfaat Kepemimpinan Untuk Pengembangan Sdm & Karir Karyawan

Sudah seharusnya seorang pemimpin memiliki motivasi untuk mengetahui perubahan tren dan mampu menanggapinya dengan cepat. Kemampuan Anda untuk mengungguli persaingan akan memungkinkan adanya peningkatan keuntungan yang terjadi. Steve Jobs memiliki kemampuan untuk memberi tahu arah yang harus dilalui oleh industri bahkan sebelum perubahan besar terjadi.

Dengan informasi yang dimiliki, perintah yang Anda jalankan sebagai pemimpin mampu menghasilkan hasil kerja terbaik dalam aktivitas di kantor. [newline]Mood yang positif dapat tercipta, salah satunya dengan dukungan pimpinan yang menambah semangat kerjasama dan Iklim Kerja yang baik dalam sebuah organisasi. Iklim kerja yang baik akan membuat karyawannya selalu memiliki energi yang positif. Selain itu, mereka dapat menunjukkan ketertarikan dan antusiasme untuk memiliki ide lain untuk mendorong upaya kreativitas lebih lanjut. Oleh karena itu, Iklim Kerja yang baik juga akan berdampak penting pada tingkat kreativitas organisasi.

Strategi keenam dengan Konfrontasi dan kolaborasi, strategi ini sumber konflik dicari, didiskusikan dan bisa ditemukan, dimana ditekankan sekali betapa pentingnya kebersamaan dari kelompok yang konflik. Strategi kelima dengan cara Perundingan, strategi ini biasanya erat dengan hubungannya dengan sumber-sumber yang ada, sehingga akan menimbulkan persaingan antar kelompok yang berkepentingan dengan hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut maka sumber harus ditingkatkan, atau tuntutan dari pihak-pihak yang bersaing harus diturunkan, dengan mengadakan perundingan-perundingan. Strategi ketiga dengan cara Penyesuaian diri , dalam strategi ini paling tidak salah satu pihak yang terlibat konflik usahakan untuk menempatkan kepentingan pihak lain diatas kepentingan diri atau kelompoknya. Kelima Memperebutkan sumber daya yang langka, hal ini sangat erat hubungannya dengan ketersediaan sarana-sarana pendukung yang langka sehingga setiap unit saling berebut pendukung yang langka sehingga setiap unit saling berebut untuk mendukung operasi unitnya masing-masing. Kalau kita lihat atau kita tinjau dari sudut pandang tradisional konflik itu hanya akan merusak sehingga harus dihindari bahkan sama halnya dengan irasionalitas, kekerasan dan kehancuran.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Seorang pemimpin harus dapat bertindak secara konsisten antara kata dan perbuatan. Integritas menjadi karakter kunci bagi seorang pemimpin dan seorang pemimpin yang mempunyai integritas akan mendapatkan kepercayaan dari pegawainya. Pimpinan yang berintegritasdipercayai karena apa yang menjadi ucapannya juga menjaditindakannya. Untuk mewujudkannya memerlukan kerja keras, dengan bermodalkan integritas dalam kepemimpinan, dimana seorang pimpinan harus menggabungkan seluruh potensi yang ada dalamdirinya untuk menjadi suatu kesatuan yang saling mendukung satu sama lainnya.

Menurut Sunaryati Hartono, agar supaya tercipta suatu negara hukum yang membawa keadilan bagi seluruh rakyat yang bersangkutan, penegakan the rule of law itu harus diartikan dalam artinya yang materiil. Suatu negara hukum terdapat pembatasan kekuasaan negara terhadap perseorangan. Pada Sila keempat menyatakan bahwa kerakyatan dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Pernyataan ini secara eksplisit telah mengamatkan kepada bangsa Indonesia agar mengedepankan musyawarah. Dalam melaksanakan amanat tersebut, lembaga permusyawaratan dihidupkan pada semua jenjang/strata sosial dan negara.