Manfaat Pembelajaran Seni Budaya Di Sekolah

Dengan demikian dapat dikatakan, jika ingin melihat karakter suatu bangsa, maka lihatlah cara mereka mengantri. Selama mengantri yang terkadang harus menunggu dengan waktu yang lama membutuhkan kesabaran dan ketabahan. Mengantri dapat melatih dan membentuk sikap sabar, karena selama menunggu itu seseorang tentu akan mengalami kelelahan secara fisik dan secara psychological.

Yaman yang mengimpor 90% bahan pangan kerepotan menjamin pasokan di dalam negeri lantaran terkena embargo ekonomi Arab Saudi. Sejak Maret 2015 Riyadh mengobarkan perang terhadap suku Houthi di utara Yaman. PBB memperkirakan setidaknya 10% dari 23 juta penduduk Yaman hidup di kamp pengungsian. Penjahah Belanda cukup kuat untuk mencegah nasionalisme Indonesia dengan cara menangkap para pemimpinnya dan menekan organisasi-organisasi nasionalis. Namun para penjajah tidak bisa menghapuskan sentimen nasionalisme yang telah tertanam di hati bangsa Indonesia.

Hal ini penting, karena berbaur dengan orang yang memiliki banyak kesamaan dengan kita, tentu sangat mudah dilakukan. Tetapi, menerima orang lain yang ‘berbeda’ mungkin menjadi suatu tantangan tersendiri. Sekolah dengan siswa yang heterogen juga melatih kita sebagai siswa untuk mengenal sikap toleransi secara langsung.

Nah Syawal tahun ini atau Idulfitri tahun ini menjadi momentum sekali lagi bahwa kita peduli dengan sesama, dengan menjaga diri kita, menjaga keluarga kita, menjaga lingkungan kita agar tidak terpapar covid-19. Melalui buku, anak-anak dapat diajak menjelajah dunia dan mengenal beragam suku, ras, kebudayaan, serta lainnya. Hal ini akan membuatnya belajar untuk mengapresiasi dan respek terhadap perbedaan tersebut. Atau mereka merasa sulit membuang sampah dengan kedua tangannya, ajari dengan memakai wadah atau alat. Manusia sebagai individu yang hidup di tengah masyarakat, sebaiknya tidak memaksakan kehendak dan hidup sesuai norma yang berlaku.

Melatih sikap toleran kita

KOMPAS.com – Isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan bukan tak mungkin akan ditemui anak selama ia berinteraksi bersama keluarga maupun teman-temannya. Berbicara tentang toleransi di Indonesia, rasanya tidak lengkap bila kita tidak menggali pemikiran Buya Ahmad Syafi’i Maarif. Syafi’i dikenal sebagai tokoh lintas agama yang berjuang keras menggalakkan toleransi di Indonesia.

Pemerintah membentuk Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi untuk mengembangkan sistem akreditasi. Keadaan atau suasana kelas tentu saja dipengaruhi oleh sikap guru di muka kelas. Kelas menjadi gaduh, kalau guru ragu-ragu dan kelas menjadi tentang kalau guru bersikap tegas dan bijaksana. Bersikap tegas berarti guru menyuruh anak didiknya supaya tenang, mereka harus mengidahkan suruhannya.

Pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana masyarakatnya berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong. Secara umum fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter seorang peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik. Dalam beberapa minggu terakhir kita membatasi aktivitas di luar rumah serta membiasakan diri untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah sesuai imbauan pemerintah. Rutinitas baru yang kita jalani ini merupakan salah satu bentuk kesadaran kita untuk menghindarkan diri agar tidak tertular atau menularkan virus Corona yang terus memakan korban jiwa setiap harinya.