Peranan Penting Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak

Nabi Muhammad shollallohu alaihi wa sallam itu bukan hanya seorang panglima perang yang hebat, bukan hanya seorang kepala rumah tangga ideal, tapi beliau juga seorang pengajar yang sukses. Dari madrasah didikan langsung beliau muncullah Abu Hurairah, seorang yang masuk Islam ketika berusia forty tahun dan akhirnya menjadi sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits Nabi. Dari pengajaran beliau dikenallah Ali bin Abi Thalib, seorang yang mendapat julukan ? Sehingga selayaknyalah kita mencoba untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran yang diterapkan oleh Rosulullah dan mencoba untuk menerapkannya dalam kehidupan kita di masa kini.

Karena guru senior cenderung memiliki profesionalitas yang lebih serta pengalamannya dalam menghadapi siswa sudah sangat banyak. Pertama, saya akan berusaha membuat suasana fisik kelas menjadi nyaman terlebih dahulu. Menurut saya, suasana kelas yang nyaman dapat membantu proses pembelajaran, selain terlihat rapih dan bersih, suasana kelas yang nyaman dapat menenangkan hati dan pikiran, baik untuk tenaga pendidik ataupun peserta didik . Terimakasih mbak Siti muthoharoh ,terimakasih juga mbak chika yang sudah menjawab ,setuju dengan pendapat mba chika ,dan sedikit tambahan menurut saya punishmen itu bisa berupa pembelajaran hidup maupun berkaitan dengan akademik. Pembelajaran hidup disini misalnya siswa tersebut membuat kegaduhan tidak mau mendengarkan guru berbicara ,mungkin bisa diberi hukuman diminta mengajar depan kelas gitu kalau misalnya dia tidak bisa kan nanti malu sama temen-temanya , jadi nanti dia akan termotivasi untuk tenang dan mendengarkan gurunya. Dalam akademik, contohnya mudah diterapkan adalah dengan memberikan tugas ,dengan memberikan tugas siswa akan mengerjakanya ,jikalau melakukan kesalahan lagi dan berulang maka tugasnya otomatis akan semakin banyak ,jika tugas tidak dipenuhi maka akan berpengaruh dengan nilai akademik siswa.

Untuk mencegah hal tersebut, guru dan orang tua harus saling bertukar informasi tentang perkembangan karakter anak didik. Kuesioner adalah cara sederhana yang dapat digunakan oleh guru untuk mendapatkan informasi dari orang tua tentang perkembangan karakter anak didiknya di rumah. Kuesioner tersebut berisikan pertanyaan-pertanyaan sederhana berkaitan dengan karakter yang dipelajari anak di sekolah dan orang tua bertugas untuk memberikan jawaban dalam kaitan pelaksanaan karakter tersebut oleh anak di rumah. Informasi dari orang tua yang didapat oleh guru dapat dijadikan salah satu pertimbangan untuk memberikan penilaian terhadap perkembangan karakter anak didik yang bersangkutan. Di samping orang tua, guru juga dapat meminta setiap peserta didiknya untuk menilai perkembangan karakter temannya satu sama lain.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Seumur hidup anak-anak akan belajar untuk dewasa, jadi biarkan mereka menikmati masa kecil mereka dengan kegiatan yang menyenangkan, menarik dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Kami memahami pertumbuhan dan perkembangan setiap anak adalah unik dan kami peka terhadap masing-masing anak. Mengadakan pertemuan atau hubungan dengan orang tua siswa, baik secara individu maupun secara kelompok, untuk memperoleh saling pengertian tentang perkembangan pendidikan anaknya. Metode demonstrasi dimaksudkan sebagai suatu kegiatan memperlihatkan suatu gerakan atau proses kerja sesuatu. Pekerjaannya dapat saja dilakukan oleh pendidik atau peserta didik yang diminta mempraktekkan sesuatu pekerjaan. Metode demonstrasi bertujuan agar pesan yang disampaikan dapat dikerjakan dengan baik dan benar.

Sebelum memberikan pelajaran seringkali Nabi meminta para sahabat untuk tenang dan fokus dengan menarik perhatian mereka. Nabi juga memotivasi para sahabat agar memperhatikan apa yang beliau ajarkan. An dan Al-hadits, bahwa setiap insan yang mencari ilmu akan mendapatkan balasan yang berlipat-lipat dari Allah swt dan mendapatkan kedudukan yang mulia. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi peserta didik untuk senantiasa giat dalam menuntut ilmu . Untuk menguatkan kaedah ini dan mengajarkannya serta agar senantiasa terekam kuat dalam ingatan peserta didik, Nabi Muhammad noticed membimbing peserta didik beliau untuk melakukan suatu percobaan dan pengamatan, bukan hanya sekedar menyampaikan teori.

Untuk menjalin komunikasi dengan guru senior saya bisa mulai dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah, murid, hingga pembelajaran. Tapi tetap dengan menggunakan bahasa yang sopan / bahkan menggunakan bahasa daerah. Misal jika kita mengajar di kota Surakarta, kita bisa menggunakan bahasa Jawa ngoko. Dengan saya mulai mengobrol dengan guru-guru senior komunikasi yang terjalin akan lancar dan tidak gugup lagi. Dikarenakan dengan wali kelas kita bisa dekat secara langsung dengan para murid di kelas. Dengan dekat para murid, pembelajaran pun yang akan saya sampaikan akan mudah diterima oleh para murid.

Ketika menjadi wali kelas saya akan bertanya terlebih dahulu kepada para senior guru bagaimana karakter atau sikap anak wali, siapa yang paling bermasalah dan paling pintar, bagaimana cara menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin akan terjadi dan meminta saran dari para senior. Setelah itu saya mempelajari biodata-biodata siswa yang akan menjadi anak wali saya sehingga tahu latar belakang anak tersebut. Ketika akan melakukan pembelajaran sudah menyiapkan materi yang akan diajarkan sehingga menguasai materi tersebut dan melakukan survei kelas yang diajar sehingga dapat merasakan atau membayangkan bagaimana mengajar nanti dikelas ini dan suasana yang ada diruangan ini.

Meningkatkan Sumber Daya Manusia dan menjadikan SMP 2 Kalibata sebagai contoh atau panutan untuk sekolah lain. Menjadikan osis SMP 2 Kalibata menjadi satu organisasi yang bermutu dan berkualitas tinggi, sekaligus mengharumkan nama baik SMP 2 Kalibata didalam atau diluar sekolah. Menjadikan OSIS SMAN 4 Cikarang sebagai wadah dalam menampung kreativitas, inspirasi dan aspirasi serta meningkatkan IPTEK, ImTaq dan akhlak mulia dikalangan siswa yang berlandaskan empat dasar yaitu jujur, adil, amanah dan disiplin. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang menambah erat hubungan antar siswa. Memaksimalkan jam belajar masyarakat desa dengan kegiatan yang bersifat produktif.

Beberapa anak tampaknya mudah saja melakukan sesuatu maupun mencoba hal-hal baru dengan berbekal semangat yang membara. Namun berbanding terbalik dengan sebagian anak-anak lainnya yang lebih memilih untuk mundur karena merasa ragu, malu, dan takut gagal mencoba hal baru. Sebagai orangtua, sebenarnya Anda tidak bisa terlalu memaksakan anak untuk mengambil pilihan tertentu. Jika Anda tetap melakukannya, yang ada si kecil malah merasa kurang nyaman atau bahkan tidak ikhlas dalam menjalani kewajibannya.